Jenis-jenis Penelitian Berdasarkan Tujuannya

JENIS PENELITIAN BERDASARKAN TUJUANNYA
http://vaniojankjank.blogspot.com/2015/06/jenis-jenis-penelitian-berdasarkan.html


Banyak sekali ragam penelitian yang dapat kita lakukan. Hal ini tergantung dari tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, dan sebagainya.


A.    Penelitian ditinjau dari Tujuan.
Berdasarkan tujuan penelitian dibagi menjadi 4 (empat) yaitu,
1.      Penelitian eksploratif
Penelitian ekspolaratif adalah penelitian yang dilakukan dengan maksud mengetahui dan menggali secara dalam mengenai sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.
Contoh : Di suatu desa secara berturut-turut terjadi kematian penduduk, terutama anak-anak di bawah 5 tahun. Kejadian tersebut kelihatan misterius sehingga menarik perhatian para dokter. Maka dibentuklah sebuah tim untuk mengadakan penelitian dengan maksud untuk menemukan sebab-musabab terjadinya musibah tersebut.

2.      Penelitian development (RnD)
Penelitian development adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk agar lebih sempurna dari produk-produk sebelumnya.
Contoh : sebuah media pembelajaran yang digunakan di kelas dicatat secara teliti, dan diadakan penyempurnaan seperlunya, sehingga pada akhirnya ditemukan media pembelajaran yang sesuai dan membantu kegiatan pembelajaran.

3.      Penelitian verifikatif
Penelitian verifikatif dilakukan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti lain sebelumnya.

4.      Penelitian kebijakan
Penelitian kebijakan adalah penelitian yang dilakukan untuk menemukan sebuah kebijakan atau tindakan untuk meningkatkan sikap atau produktivitas sebuah lembaga/kelompok. 
Contoh : sebuah perusahaan ingin meningkatkan kedisiplinan para karyawannya. Untuk itu, dilakukan penyebaran angket kepada karyawan untuk menanyakan usulan-usulan untuk mengefektifkan strategi-strategi tersebut. hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket digunakan untuk menentukan kebijakan yang diambil oleh perusahaan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan. 

DAFTAR PUSTAKA
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Ed-revisi 4). Jakarta: Rineka Cipta.
 

No comments:

Post a Comment

Untuk pemesanan desain dan layout bisa kontak kami langsung,

wa : 085664366629